Rabu, 14 Juli 2010

Re-Organize the Time Management

"Dedikasikan waktu khusus untuk membaca dan menulis masing2 1-2jam setiap harinya, ya hanya untuk membaca dan menulis tidak untuk yang lain.
Mulai sekarang pilih2 lah waktu khusus untuk membaca dan menulis tanpa terganggu oleh aktivitas yang lain.
Kemudian mulailah kumpulkan bahan bacaan yang berkualitas untuk menunjang aktivitas menulis.
Untuk memulai, mulailah dari skrg!"

Kalimat-kalimat itu aku tulis sebagai motivasi diri. Karena ngerasa gak pernah bisa fokus saat menulis. Makanya buat fokus dalam melakukan satu pekerjaan, perlu di sediakan waktu khusus.
waktu yang ku miliki, waktu yang sahabat semua miliki, waktu penulis-penulis best seller miliki, waktu yang orang-orang sukses miliki, dan bahkan waktu yang dimiliki oleh orang-orang gagal pun semuanya sama, 24jam dalam sehari dan semalam. Tapi mengapa ada orang yang yang santai dan punya banyak waktu luang, ada yang punya sedikit waktu, ada yang sibuk, ada yang super sibuk, ada juga yang super duper sibuk, bahkan ada yang ngerasa gak cukup dengan waktu yang 24jam itu? Why?. Do you know why? It's about management bro.
Seperti diriku yang "gak punya" waktu untuk menulis, sebenarnya saya bukan tidak punya waktu, namun Jujur (harus jujur saya akui) seperti yang sudah saya tuliskan, it's about managemen. Tidak adanya waktu itu sebenarnya adalah karena managemen waktu saya yang "berantakan", saya tidak punya jadwal yang teratur dalam pengaturan dan penggunaan waktu.
Back to my self-motivation "Dedikasikan waktu khusus untuk membaca dan menulis masing2 1-2jam setiap harinya, ya hanya untuk membaca dan menulis tidak untuk yang lain.
Mulai sekarang pilih2 lah waktu khusus untuk membaca dan menulis tanpa terganggu oleh aktivitas yang lain.
Kemudian mulailah kumpulkan bahan bacaan yang berkualitas untuk menunjang aktivitas menulis.
Untuk memulai, mulailah dari skrg!" untuk itu saya sudah menetapkan waktu yang tepat, saya memilih waktu without sun alias malam hari. Kenapa malam, karena saya dapat menjamin dapat menulis dan/atau membaca tanpa terganggu oleh aktivitas yang lain. Jadi begini time management yang sudah saya buat dan harus (bisa) saya patuhi. Pertama, Usai sholat maghrib berjamaah (antara maghrib dan isya') adalah waktu yang harus saya dedikasikan untuk membaca. Usai sholat isya' adalah waktunya untuk "main" gaul bareng teman-teman, keluar mencari inspirasi, angin (ide) segar sebagai bahan pencerahan, boleh juga online (baca artikel) atau nulis (hanya pada moment yang tepat) di jam-jam ini pake Nokia 6120 classic ku. Namun sebelumnya sempatkan untuk update blog (baca: posting).
Kedua, waktu khusus yang (sudah) saya persiapkan adalah dua jam sebelum shubuh, ini artinya saya harus bangun lebih awal. Saya pikir ini adalah waktu yang pas untuk menulis seusai tubuh kita dan otak selaku top management istirahat secara total, ini artinya saya harus tidur lebih awal.
Nah itu time management yang saat ini sudah saya terapkan untuk kegiatan menulis saya, dan saya sedang berusaha untuk mematuhi peraturan yang saya buat sendiri itu. Bagai mana dengan sahabat semua? Mungkin punya system or time management yang lebih baik? Yuk sharing bareng di sini.

Tidak ada komentar: