Kamis, 05 September 2013

Landasan Berpikir

Pemikiran seseorang tentang sesuatu pasti terpengaruh oleh lingkungannya. Yakni apa yang kita baca, kita dengarkan, kita lihat dan kita pelajari, ringkasnya pemikiran seseorang bergantung pada "makanan" yang dikonsumsi pikiran kita. "Makanan Pikiran" inilah yang menjadi mabda atau Landasan Berpikir.
Maka untuk berpikir secara benar perlu dasar, perlu mabda, perlu landasan berpikir yang benar. Bahwa sesuatu yang benar itu adalah yang bersumber dari ALLOH, yang diwahyukan kepada Rasulnya (Muhammad SAW). Itulah Islam.
Islam adalah agama yang sempurna, sebagaimana Firman ALLOH yang terakhir di wahyukan. Yakni dalam Al-Qur'an Surat Al-Maidah:3 yang Artinya:

"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu."

Maka, bagi seorang muslim cukuplah Ajaran Islam yang menjadi landasan berpikir. Karena ajaran islam yang sempurna. Maka 4 (empat) hal yang (seharusnya) menjadi landasan berpikir adalah (1)Al-Qur'an, (2)Al-Hadits, (3)Ijma', dan (4)Qiyas. Tidak perlu lagi mengadopsi pemikiran lain yang bathil.

Sumber Gambar: catatankika.wordpress.com

Tidak ada komentar: