Minggu, 27 Juni 2010

Opera Mini 5.0.0 in Nokia 6120 classic

Kemaren aku download Opera Mini versi terbaru (5.0.0) ke Nokia 6120classic ku pake kartuAS. Wow.... Sempurna, ini versi Opera Mini yang saya tunggu-tunggu. Mobile browser yang support multi tab browsing, jadi kita bisa buka beberapa halaman web layaknya di komputer dlm waktu yang bersamaan. Versi Opera Mini yang saya pakai sebelumnya adalah versi 4.0.2 yang mana belum support multi tab. Versi ini banyak mengalami perubahan pada halaman awalnya, lebih good looking gitu. Kalau di versi sebelumnya tampilan awalnya hanya barisan-barisan link, di versi 5.0.0 ini tampilan awalnya ada dua kotak kecil yang berjajar di bagian atas. Satu untuk memasukkan alamat web dan disampingnya kotak pencarian oleh om google, kemudian dibawahnya terdapat sembilan kotak kecil yang menampilkan potongan dari page yang di bookmark seperti Opera Browser yang ada di PC. Lebih simple memang, tapi juga lebih menawan.
Kita bisa dengan cepat mengakses alamat web yg di bookmark di halaman awal dengan cara langsun men-klik pada gambarnya atau dg cara cepat (speed dial), yaitu dengan menekan tombol *1, *2, s/d *9 setelah membuka browser.
Bookmark defaultnya ada 8 dan yang kesembilan adalah tanda "+" artinya kita bisa menambahkan bookmark lagi. Bookmark defaultnya dari 1s/8 berturu2 adalah telkomsel.com, langitmusic.com, duniagames.telkomsel.com, plasa.com, facebook.com, vivanews.com, twitter.com dan detik.com
Fitur terbaru Opera Mini versi terbaru ini adalah "Long-click Menus" dengan cara menekan dan menahan tombol "pilih" kita bisa merubah speed-dial-bookmark, membuka link ke tab baru, bahkan bisa meng copas (alias copy and paste) teks yang ada di web dengan menu ini. Selain tekan-dan-tahan, juga ada cara pintas untuk meng akses Long-click menus ini yaitu dengan menekan angka 1 saat browser terbuka, kemudian angka 2,4,6, dan 8, berfungsi sebagai tombol navigasi masing-masing ke atas, kiri, kanan dan bawah. Sedangkan tombol 5 berfungsi sebagai tombol ZoomIn/ZoomOut. Selain itu, shortcut yang tersedia antara lain:
"#1" untuk memasukkan alamat web.
"#2" untuk menampilkan kotak pencarian cepat oleh om google.
"#3" untuk mencari kata tertentu pada halaman yang sedang di tampilkan.
"#4" untuk membuka halaman awal.
"#5" untuk membuka bookmark kita.
"#6" untuk membuka history.
"#7" untuk mengatur file-file yang pernah kita download.
"#8" untuk membuka menu pengaturan.
"#9" untuk membuka halaman yang kita simpan sebelumnya.
"#0" untuk me refresh/reload halaman yang sedang ditampilkan.
"##" adalah berfungsi sebagai tombol forward.
"*#" untuk merubah tampilan ke landscape.
"**" untuk tampilan full scren.
"*^" (bintang+nav ke atas) berfungsi untuk membuka tab baru.
"*v" (bintang+nav ke bawah) berfungsi untuk menutup tabulasi aktif.
Sedangkan "*>" dan "*<" (bintang+nav ke kanan/kiri) adalah untuk berpindah ke tab tab lain.
Opera Mini 5.0.0 ini juga memungkinkan bookmark anda, speed dial, dan search engine, antara hp anda dengan komputer melalui "Opera Link" yan dapat diaktifkan melalui menu pengaturan.
Well, mungkin segitu aja dulu yang bisa saya explain tentang Opera Mini 5.0.0 ini, kalau sahabat netter juga ada yang tertarik buat pake Opera Mini, silahkan aja download disini kalo udah pake, sekiranya ada tambahan informasi dari sahabat-sahabat reader lan blogger sedoyo, monggo sharing sareng-sareng melalui comment yah. Terimakasih.t

Tidak ada komentar: